Cek Nama Website Anda

Cek Nama Domain ?

Skripsi dan Tesis Terbaru

Judul Tesis Pendidikan: ANALISIS WACANA LISAN INTERAKSI GURU DAN SISWA DI KELAS (Studi Kasus Pemakaian Bahasa di SMA Negeri 3 Sragen dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, dan Sosiologi)

Judul Tesis Pendidikan: ANALISIS WACANA LISAN INTERAKSI GURU DAN SISWA DI KELAS (Studi Kasus Pemakaian Bahasa di SMA Negeri 3 Sragen dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, dan Sosiologi).

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan dan menjelaskan struktur wacana lisan guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan fungsi bahasa dalam tindak tutur interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan partikel wacana lisan dalam tindak tutur interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar, dan (4) mendeskripsikan dan menjelaskan alih kode dan campur kode wacana lisan interaksi guru dan siswa SMA Negeri 3 Sragen.

Penelitian ini termasuk studi kajian wacana yang mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Sragen. Data dalam penelitian ini berupa wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam peristiwa komunikasi belajar mengajar di kelas. Karena itu, datanya berwujud rekaman percakapan di kelas antara guru dengan siswa yang ditranskripsikan. Untuk pemilihan dan jumlah serta jenis sumber data dilakukan dengan teknik cuplikan. Pengambilan datanya dengan teknik rekam, teknik catat, dan teknik wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan analisis kontektual.

Proses analisis dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data, dengan mendasarkan : (1) teori tindak tutur di kelas yang dikemukakan Sinclair dan Coultrad, (2) Teori fungsi bahasa yang dikemukakan MAK Haliday, dan (3) Partikel wacana lisan yang dikemukakan Stubs, Linke, Nussbaumer, dan Portman. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian, disimpulkan bahwa interaksi guru dan siswa di kelas menunjukkan pola pertukaran yang teratur. Percakapan di kelas tersebut mengarah pada satu tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Percakapan di kelas peran guru dominan, siswa berbicara bilamana ada kesempatan yang diberikan guru. Selain itu, juga ditandai dengan bahasa yang komunikatif sehingga tersampaikan informasi dengan mudah dan jelas.

Karakteristik wacana lisan dalam kelas ini ditandai oleh adanya konteks di luar ujaran guru yang cukup berpengaruh terhadap makna ujarannya seperti : tempat, waktu, suasana, subyek, topik, tujuan, dan nada. Bentuk wacana lisan guru dan siswa di kelas ditentukan juga oleh fungsi bahasa yang digunakan baik guru ataupun siswa. Secara umum fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan fungsi bahasa sebagai berikut : (1) fungsi instrumental, (2) fungsi regulasi, (3) fungsi representasi, (4) fungsi interaksi, (5) fungsi perorangan, (6) fungsi heuristik, dan (7) fungsi imajinatif. Fungsi imajinatif tidak ditemukan selama penelitian ini, karena fungsi bahasa ini sering digunakan dalam karya sastra.

Partikel sangat penting dalam percakapan atau wacana lisan, khususnya saat pergantian pembicara. Dalam analisis wacana lisan interaksi guru dan siswa di kelas ini ditemukan beberapa partikel yang digunakan baik guru ataupun siswa saat berbicara. Adapun partikel-partikel tersebut adalah : bentuk tegun, bentuk pengurangan kecepatan pertukaran, pembukaan pembicaraan, isyarat pembicara, isyarat mitra bicara, ucapan salam, sapaan, panggilan, penerimaan, dan penolakan. Peristiwa alih kode dan campur kode terjadi pada wacana lisan interaksi guru dan siswa di kelas, khususnya bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa, bahasa Arab, dan bahasa Inggris.

Download Lengkap di TESIS LENGKAP .

Sat, 24 Aug 2013 @14:06


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+3+2

Copyright © 2017 Nurul Mustafit (085643575078) · All Rights Reserved