Cek Nama Website Anda

Cek Nama Domain ?

Skripsi dan Tesis Terbaru

KAJIAN YURIDIS TERHADAP KEDUDUKAN DAN PERANAN BAPPEDA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN

Pembentukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Propinsi Sumatera Utara, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah yang mengacu juga kepada Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Berdasarkan uraian yang telah disampaikan pada latar belakang diatas, permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah pentingnya perencanaan pembangunan daerah dalam penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan daerah, (2).Bagaimanakah koordinasi Bappeda Provinsi Sumatera Utara dengan instansi vertikal lainnya dalam perencanaan dan proses pembangunan daerah Provinsi Sumatera Utara, (3). Bagaimanakah kedudukan dan peranan BAPPEDA Provinsi Sumatera Utara dalam melaksanakan tugas wewenangnya. Berdasarkanpermasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui pentingnya perencanaan pembangunan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah di Propinsi Sumatera Utara. (2). Untuk mengetahui koordinasi BAPPEDA di Propinsi Sumatera Utara dengan instansi vertikal lainnya dalam perencanaan dan proses pembangunan daerah Propinsi Sumatera Utara, (3).Untuk mengetahui kedudukan dan peranan BAPPEDA Propinsi Sumatera Utara dalam melaksanakan tugas wewenangnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan penelitian dengan pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis empiris. Pendekatan yuridis normatif dimaksudkan sebagai penelahan dalam tataran konseptional tentang arti dan maksud berbagai peraturan hukum nasional yang berkaitan dengan kedudukan dan peranan Bappeda dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sedangkan pendekatan yuridis empiris adalah penelitian ini bertitik tolak dari pemasalahan dengan melihat kenyataan yang terjadi di lapangan, kemudian menghubungkannya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1).Pentingnya Perencanaan Pembangunan Daerah adalah suatu langkah yang sangat tepat untuk dapat terwujudnya pembangunan yang tearah dan terpadu. (2). Perencana Pembangunan Daeerah baik jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek, pengentasan kemiskinan serta mengkoordinasikan seluruh rencana pembangunan dengan dinas dan instansi vertikal yang ada di daerah Provinsi Sumatera Utara. (3). Kedudukan dan Peranan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah yang tertuang pada peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 Tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Dari hasil kesimpulan diperoleh saran bahwa: (1). Pengelolaan sumber daya alam yang beraneka ragam di daerah Provinsi Sumatera Utara perlu dilakukan secara terkoordinasi dan terpadu dengan sumber daya manusia dan sumber daya buatan dalam pola pembangunan yang berkelanjutan. (2). Untuk mencapai pembangunan daerah yang terpadu, terarah serta tepat sasaran, Bappeda Provinsi Sumatera Utara supaya meningkatkan koordinasi dengan Dinas dan Instansi vertikal di daerah melalui planning, monitoring dan evaluasi pembangunan yang telah dilaksanakan. (3).Mengingat kedudukan dan peranan Bappeda Provinsi Sumatera Utara dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sangat penting ditangani bagi terwujudnya kelangsungan pembangunan daerah Provinsi Sumatera Utara.

Download

Thu, 26 Jan 2012 @07:26


1 Komentar
image

Fri, 7 Sep 2012 @13:05

Slamet

tiada henti2nya negara kita ini driptea bencana alam seakan sudah enggan bersahabat dengan kita seakan murka dengan negara kita go green mari jadikan segala bencana alam yang kita hadapi ini sebagai langkah awal kita untuk menjaga alam kita dengan hati mari kita rawat serta kita lestarikan penghijauan mungkin alam murka kepada kita yang selalu menyianyiakanya..jangan kita menyerah dan lemah karena musibah ini mari kita bangkit dan membangun alam ini dengan hati semoga para korban dapat diberikan kesabaran serta kelapang dadaan dalam menghadapi musibah ini


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+0+3

Copyright © 2017 Nurul Mustafit (085643575078) · All Rights Reserved