Cek Nama Website Anda

Cek Nama Domain ?

Skripsi dan Tesis Terbaru
Banner

Harian Jawa Pos, Harian Surya, Harian Bhirawa, Dan Harian Duta Masyarakat Memaparkan Komunikasi Politik Para Calon Gubernur Jawa Timur Pada Saat Pelaksanaan Kampanye Putaran I Pemilihan Gubernur Jawa Timur

 

Komunikasi politik calon gubernur dan wakil gubernur selama masa pemilihan gubernur menjadi wacana yang setidaknya berskala regional. Hal ini tidak lepas dari peran media massa yang dalam waktu singkat menyebarkan berita-berita kepada khalayak luas. Selanjutnya, khalayak sering terpengaruh oleh sisi-sisi yang ditonjolkan oleh media dan mengesampingkan fakta yang tidak ditampilkan. Kondisi ini akan mempengaruhi kognisi dan persepsi khalayak terhadap gagasan, komunikasi, dan kesimpulan yang diambil. Persepsi tersebut akan menimbulkan rentang yang cukup lebar bagi posisi khalayak dalam mengambil sikap terhadap gagasan, konflik, dan komunikasi politik yang dibangun (Zen, 2004: 4).

 

Pendekatan framing analysis di level teks pada media discourse analysis dipilih mengingat berita mengenai komunikasi politik para calon gubernur pada masa pemilihan gubernur menimbulkan diskursus menarik apabila dikaji dari sudut pandang komunikasi dan konflik politik. Analisis framing adalah alat yang tepat untuk melihat bagaimana cara wartawan menyusun fakta (melalui struktur berita, latar informasi, kutipan sumber), cara wartawan mengisahkan fakta (melalui kelengkapan berita 5W + 1H), cara wartawan menulis fakta (melalui detail koherensi, bentuk kalimat, kata ganti), dan cara wartawan menekankan fakta). Kecenderungan atau kecondongan wartawan dalam memahami suatu peristiwa, termasuk Pilgub Jatim, dapat diamati dengan perangkat tersebut. (Eriyanto, 2002 : 256)

Melalui perangkat Framing ini kita akan melihat apakah media massa membuat simplifikasi, prioritas pada salah satu kandidat, dan membentuk struktur tertentu dalam berbagai isu Pilgub Jatim. Karena penulis meyakini apa yang disebutkan Roger (dalam Norris, 1999 : 10) bahwa institusi media menjadikan seluruh berita selalu dilaporkan dari angle khusus baik secara sosial, secara ekonomi, dan secara politis. Apapun yang diberitakan adalah artikulasi dari sebuah posisi ideologi khusus.

 

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah disajikan di atas, maka masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 

1. Bagaimana Harian Jawa Pos, Harian Surya, Harian Bhirawa, dan Harian Duta Masyarakat memaparkan komunikasi politik para Calon Gubernur Jawa Timur pada saat pelaksanaan kampanye Putaran I Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2008?

2. Mengapa Harian Jawa Pos, Harian Surya, Harian Bhirawa, dan Harian Duta Masyarakat memaparkan komunikasi politik para Calon Gubernur Jawa Timur pada saat pelaksanaan kampanye Putaran I Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2008 demikian?.

DOWNLOAD LENGKAP

 

 

 

Sun, 12 Feb 2012 @02:11


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+5+5

Copyright © 2014 Nurul Mustafit (085643575078) · All Rights Reserved