Cek Nama Website Anda

Cek Nama Domain ?

Skripsi dan Tesis Terbaru

ASPEK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA WANITA ( TKW ) DALAM PERJANJIAN KERJA ( KASUS MANTAN TENAGA KERJA WANITA MALAYSIA DI DESA SUKOHARJO KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI )

Pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan bekerja, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup. Berdasarkan hal tersebut, banyak wanita yang pergi ke luar negeri untuk memperoleh pekerjaan. Namun, dengan banyaknya jumlah TKW di luar negeri menyebabkan jumlah kasus yang berkaitan dengan TKW semakin banyak dan beragam. Salah satu cara untuk mengurangi tindak kejahatan terhadap TKW ialah dengan mewajibkan adanya perjanjian kerja bagi para penyalur TKW. Dengan adanya perjanjian kerja, maka TKW dapat memperoleh perlindungan hukum dalam memperoleh hak-haknya.
Mengacu pada latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah perlindungan hukum atas hak-hak mantan TKW Malaysia dalam perjanjian kerja? dan (2) Bagaimanakah kendala pelaksanaan perlindungan hukum terhadap mantan TKW Malaysia dalam perjanjian kerja? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perlindungan hukum atas hak-hak mantan TKW Malaysia dalam perjanjian kerja, dan (2) Untuk mengetahui kendala pelaksanaan perlindungan hukum terhadap mantan TKW Malaysia dalam perjanjian kerja.
Fokus dalam penelitian ini adalah perlindungan upah, perjanjian kerja, dan kendala pelaksanaan perlindungan hukum terhadap TKW dalam perjanjian kerja. Aspek perlindungan upah meliputi komponen-komponen upah (upah pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap), ketentuan pembayaran upah, dan upah lembur. Perjanjian kerja meliputi bentuk perjanjian kerja dan syarat sahnya perjanjian kerja. Sedangkan kendala pelaksanaan perlindungan hukum terhadap TKW dalam perjanjian kerja meliputi kesalahan TKW, pendidikan yang dimiliki TKW, kelengkapan surat perjanjian kerja, surat perjanjian kerja tidak diberikan kepada TKW, dan bahasa yang digunakan dalam perjanjian kerja.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara bebas, observasi pada badan atau penyalur TKW , dan dokumen yang berupa data dan surat perjanjian kerja. Pendekatan yang dipergunakan bersifat deskriptif analisis sehingga diperoleh gambaran tentang perwujudan perlindungan hukum terhadap TKW dalam perjanjian kerja, dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan (verifikasi).

 

Download klik disini .

Sun, 19 Feb 2012 @21:26


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+9+5

Copyright © 2017 Nurul Mustafit (085643575078) · All Rights Reserved